1. Skip to content


Its Begin; GIIPC 2009

By Roni Suhendar

Keindahan alam pariwisata nusantara tidak akan habis dijelajah meski dalam hitungan tahun. Ribuan pulau di Indonesia memberikan kesempatan luar biasa bagi penikmat wisata belum lagi budaya dan bahasa terkandung didalamnya. Namun tak semua mempunyai cukup waktu untuk berkunjung dan merasakan wisaya Indonesia. Disinilah fotografi berperan, merekam beragam moment dalam bingkainya yang begitu jujur. Cukup melihat, seseorang dapat mendapatkan emosi dan pengalaman serupa dengan sang empunya foto. Sangat adil sebab foto memang sanggup bercerita banyak melalui goresan cahayanya, dia hidup.

Garuda Indonesia sebagai Flag Carier Airlines mampu menjadi jembatan bagi mereka untuk pergi dan  menyentuh ajaibnya keindahan Indonesia. Tidak hanya sampai di situ dengan kekuatan maskapainya Garuda Indonesia juga merengkuh beberapa tujuan lain di luar Indonesia yang tak kalah menawannya. Tak heran jika sampai saat ini Garuda Indonesia masih menjadi maskapai terbaik di negara kepulauan terbesar dunia ini.

 Semua kemenakjuban fenomena alam, budaya dan manusia tersebut direkam Garuda Indonesia melalui event dengan tajuk Garuda Indonesia International Photo Contest yang telah diselenggarakan selama dua tahun berturut-turut. Ribuan gambaran keunikan dan keindahan dari beragam destinasi wisata baik di Indonesia dan negara-negara lainnya coba dihadirkan kepada khalayak umum salah satunya melalui pameran dalam acara FOCUS Expo’09 di Jakarta Convention Center 25 Febuari - 1 Maret 2009.

Sekitar 30 foto terpilih memancarkan kemilaunya dalam temaram lampu menjadikan semua pemandangan menjadi cerminan cerah sang penikmat. Foto kualifikasi, final hunting trip, pemenang GIIPC 2008 serta foto terpilih dari beberapa fotografer kenamaan menjadi bagian dari peragaan alam, budaya, manusia ini.

 Tidak hanya itu, tepat hari ini dilaksanakan Photography Workshop bersama Tan Lip Seng (Singapura) dan Sigit Pramono (Indonesia) serta peluncuran satu kompetisi foto yang meski baru 2 kali berlangsung namun menjadi satu yang paling ditunggu-tunggu terutama di Indonesia dan kawasan ASEAN. Garuda Indonesia International Photo Contest 2009.

Mengambil tema “My Lens, My Eye” pada babak kualifikasi mulai tanggal 27 Februari – 17 Mei 2009, GIIPC 2009 berharap mendapatkan definisi keindahan mengenai negara masing-masing peserta baik itu dari segi budaya, lansekap, manusia dan aspek lain tentangnya. Untuk babak final kami mengambil tema “My Eye On Indonesian Hospitality” sebab Indonesia memilikinya tanpa cela.

Tahun lalu GIIPC 2008 berhasil mengumpulkan 14.000 foto dari 4.000 peserta yang berasal dari 21 negara di kawasan Asia Pasifik, Eropa bahkan Amerika. Lalu, semua foto terkumpul dinilai secara online oleh 10 juri untuk menentukan 20 orang yang berhak mengikuti babak final. Setelah terpilih mereka diundang ke Jakarta untuk melakukan Final Hunting Trip, semua atas biaya Garuda Indonesia.

Dalam Final Hunting Trip tersebut finalis dibagi kedalam 5 kelompok untuk dikirim ke 5 wilayah berbeda di Indonesia yaitu; Yogyakarta, Banjarmasin, Manado, Lombok dan Medan. Tak berhenti disitu, saat hunting berakhir mereka melanjutkan perjalanan ke pulau Dewata-Bali dimana mereka telah ditunggu para juri yang siap memberikan penilaian atas hasil jepretan selama 2 hari tersebut. Untuk selanjutnya diadakan acara pengumuman pemenang serta penyerahan hadiahnya.

Garuda Indonesia International Photo Constest 2009 tidak akan berbeda jauh dari sistem perlombaan tahun 2008 –pun dengan final hunting trip-nya. Tetapi ada penambahan jumlah hadiah uang tunai menjadi Rp. 60 Juta ditambah beberapa hadiah lainnya, hal ini berkaitan dengan usia Garuda Indonesia yang pada 2009 ini genap berusia 60 tahun, selain itu ada beberapa kategori baru diantaranya The Indonesian Hospitality Award, The Garuda Experience Award serta Honorable Award: Garuda Indonesia Ambassador of Photography, namun janganlah berhenti berekspektasi sebab akan ada kejutan luar biasa dari Garuda Indonesia pada akhir
kompetisi.

Berangkat dari harapan maka tangga kenyataan akan menghampiri dalam cara yang tak terduga. Dengan bekal itu GIIPC 2009 diharapkan lebih sukses dan lebih banyak menyedot animo fotografer seluruh dunia sehingga semakin banyak pula foto berkualitas didapatkan. Semua ini sebagai bukti bahwa Garuda Indonesia peduli dan bangga akan Indonesia, negara dengan jutaan pemandangan.