1. Skip to content


Munculnya Sang Pemenang (Part III)

Trias28 Agustus 2008. Terlihat Trias menaiki tangga menuju lobby Discovery Kartika Plaza Hotel, langkahnya masih tegap dengan sorotan mata yang tajam. Itu berarti grup dari Lombok telah tiba di Bali. Selanjutnya Yogyakarta, Banjarmasin, Manado dan terakhir Medan.

Memory card peserta diserahkan tak lupa disertai catatan tentang file mana yang diikutsertakan dalam penjurian.

Saatnya juri menentukan pemenang. Tepat pukul 09.30 WITA 29 Agustus 2008, penjurian dimulai. Ada sekitar 450 foto. Setelah melalui beberapa tahap penjurian akhirnya tinggalah 18 foto yang mendapat perhatian dari para juri, sekitar pukul 13.00 sang juara sudah ditentukan.JudgingBerbarengan dengan kegiatan para juri, finalis mengikuti fun hunting trip untuk sekedar menikmati Bali dengan beragam keindahan dan keunikannya. Diiringi beberapa orang panitia kegiatan itu berjalan dengan lancar, memulai perjalanan pukul 08.00 dan kembali ke hotel pukul 15.00 WITA.

Ceremony akan dilaksanakan malam harinya.

Setelah membersihkan diri. Panitia, juri dan peserta datang menuju Ballroom Kharisma. Satu persatu undangan baik dari kalangan pemerintahan, pengusaha maupun media berdatangan.

Sekar Jagat Dance membuka acara tersebut.

Berbagai kegiatan mengiringi malam penghargaan ini. Penganugerahan kepada para juri, hiburan dan lainnya.
Sekar
Finally the moment is here.
Tiba waktunya pengumuman pemenang.

AllSemua finalis diminta naik keatas panggung, satu persatu mereka datang; dengan cemas, dengan riang malah dengan raut muka datar.

Layaknya pagelaran Miss Universe para finalis berdiri sejajar melihat Slide Show pada big screen sebelah kiri panggung. Adakah foto mereka masuk kedalam nominasi pemenang?
Nuansa seketika berubah menjadi hening. Muncul kelegaan dan kekecewaan tersirat dari ekspresi finalis saat slide show tersebut berakhir. Hanya beberapa finalis saja masuk dalam nominasi.


Third


Prakash Hatvalne!!! Seru Goenadi Haryanto koordinator dewan juri mengumumkan Juara 3. The Indian Man terlihat begitu senang dengan pencapaiannya. Fotografer lepas Associated Press ini tergabung di grup Medan. Sebagai juara 3 dia berhak atas uang tunai senilai US $ 1,000 dan 1 tiket pesawat Garuda Indonesia ke semua tujuan domestik.

Waktunya naik ke tingkat berikut.
Dua orang diminta melangkah ke depan mereka adalah Rommy Perbawa dan Goh Koon Peng. Kedua orang tersebut merupakan calon juara 1 dan 2. Aura ketegangan terlihat dari sorot kedua fotografer kawajan tersebut, akhirnya slide sebuah foto memberitahu siapa pemenangnya.


One


Muncullah foto Rommy Perbawa sebagai juara 2 ini berarti juara 1 Garuda Indonesia International Photo Contest 2008 jatuh kepada Goh Koon Peng dari Singapura. Juara 1 berhak atas hadiah uang tunai sebesar US $ 2,500 dan 2 tiket pesawat Garuda Indonesia semua tujuan internasional maupun domestik. Sedang juara 2 berhak mendapatkan US $ 1,500 dan 1 tiket Garuda Indonesia semua tujuan internasional maupun domestik.

Gegap gempita tercipta malam itu. Tak ada lagi rasa persaingan hanya ada kebahagiaan yang terbagi rata antar sesama. Mereka berpelukan, mereka bersalaman dan mereka sama-sama menguntai harapan akankah pertemuan ini kembali terjadi tahun depan.


Fun


Kali ini perpisahan tidak menjadi sesuatu yang menyedihkan melainkan awal kegembiraan. Kami berpisah, kami tak lagi bertatap muka tapi kami punya satu harapan sama. Indahnya Indonesia tak akan habis diabadikan tak pula luntur kala dipamerkan dengan jiwa fotografi kami akan mengembangkan keindahan itu. Garuda Indonesia International Photo Contest adalah tempat untuk mewujudkannya.

End

See you next year